Lima Pertanyaan Penting Bagi Wanita Karir Yang Ingin Membuka Bisnis Sendiri

0
66

Jika karier Anda tidak maju secepat yang Anda kira seharusnya, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan memulai bisnis Anda sendiri. Sebelum Anda melakukannya, tanyakan pada diri Anda lima pertanyaan ini.

Apakah Anda merasa terhenti dalam karir Anda? Apakah Anda merasa kurang digaji, terlalu banyak bekerja, dan tanpa fleksibilitas dan otonomi atas waktu Anda?

Jika jawabannya ya, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk bersandar sejenak dan memikirkan untuk menjadi pebisnis.

Ditambah lagi jika Anda memiliki hasrat pribadi yang ingin Anda ubah untuk berwirausaha sendiri, maka sudah pasti saatnya bagi Anda untuk “segera keluar.”

Meskipun kewirausahaan mungkin tidak cocok bagi setiap orang, ada banyak alasan mengapa berbisnis mungkin menjadi hal terbaik dalam hidup Anda.

Beberapa wanita menjalankan usaha mandiri atau berbisnis untuk memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga dan untuk mencapai keseimbangan antara kerja dan kehidupan yang lebih baik dan lebih memuaskan.

Sebuah penelitian yang dirilis oleh National Association of Women Business Owner mengungkapkan bahwa 65 persen wanita yang disurvei menginginkan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas waktu mereka.

Meskipun alasan terbesar wanita melakukan bisnis sendiri adalah bahwa mereka ingin melakukan sesuatu yang mereka sukai, serta diikuti dengan kemampuan untuk bertanggung jawab atas keputusan pribadi dan potensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Perempuan juga merasakan daya tarik untuk mengeksplorasi perjalanan profesional baru ketika mereka menyebutkan “politik kantor” sebagai katalis untuk meninggalkan pekerjaan korporat mereka kemudian memulai bisnis baru.

BACA JUGA  Mengapa Usaha Kecil Gagal: 7 Alasan Utama Kegagalan Para Startup Bisnis

Sebuah studi dari The Guardian Life Index mengungkapkan bahwa banyak wanita memandang sebagian perusahaan saat ini sebagai cacat dan pembatas dalam struktur nilai wanita secara personal.

Dan dengan adanya teknologi internet biaya memulai bisnis (khususnya online) bisa sangat minim membuat banyak wanita mengatakan “tidak” untuk menghabiskan bertahun-tahun mendaki jalan mereka di tangga perusahaan, berurusan dengan “politik kantor”, dan bekerja hari-hari yang panjang tanpa merasa puas seperti yang mereka mendambakan.

Dunia karir di perushaan tidak selalu sepenuhnya mengakui kontribusi perempuan atau tidak menciptakan iklim yang ramah bagi perempuan untuk berhasil di tingkat tertinggi, apakah itu diskriminasi jender, kebijakan perusahaan yang tidak ramah yang memberikan sanksi bagi perempuan yang memilih untuk mengambil cuti untuk merawat anak-anak.

Ketika dihadapkan dengan jenis lingkungan “politik kantor” di perusahaan, menjadi pengusaha mandiri dan memulai bisnis Anda sendiri, merupakan langkah awal menuju jalan keluar bagi tujuan hidup yang lebih bermakna.

Saat Anda mempertimbangkan untuk bergabung dengan jajaran dari 10 juta bisnis yang dimiliki wanita di Indonesia, ada lima pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri saat Anda memutuskan apakah itu waktu Anda untuk “segera keluar” dari perusahaan:

Apakah Anda sudah bertekad?

Tekad merupakah kayu bakar yang membakar semangat Anda dalam hal apapu.

Katakanlah Anda memiliki ide tetapi semua orang mengatakan kepada Anda bahwa itu tidak dapat dilakukan.

Apa yang akan kamu lakukan tentang situasi ini? Pengalaman ini mungkin merupakan motivasi yang cukup bagi Anda untuk mencoba membuktikan kepada meraka yang telah meremehkan kemampuan Anda.

BACA JUGA  Langkah Bisnis Anda Sudah Tepat? Periksa Checklist Berikut Ini

Dengan adanya tekad, Anda tidak akan putus di tengah jalan menuju impian dalam hidup Anda.

Apakah Anda ingin meninggalkan warisan?

Anda bercita-cita untuk menjalani kehidupan yang lebih besar, untuk membuat dampak, untuk membuat kehadiran Anda diketahui.

Seperti yang mereka katakan, jika Anda tidak membangun impian Anda sendiri, Anda membangun orang lain.

Jika Anda tidak menjadi pengusaha dan membuat bisnis impian Anda sendiri maka sudah tentu Anda akan bekerja di perusahaan milik orang lain untuk membangun impian mereka dari jerih payah tenaga dan pikiran Anda.

Dengan memiliki bisnis sendiri kehadiran Anda membuat dampak lebih besar bagi kehidupan masyarakat daripada jika Anda bekerja di perusahaan.

Jika Anda pensiun dari perusahaan, barangkali nama Anda, jabatan Anda, dedikasi Anda akan segera dilupakan dan tidak dapat diwariskan ke anak-anak Anda.

Lain halnya jika berbisnis, produk Anda, perusahaan Anda akan banyak dikenal masyarakat meskipun telah pensiun. Bahkan bisnis Anda dapat diwariskan ke generasi selanjutnya.

Apakah Anda ingin mengontrol waktu Anda?

Mungkin Anda paling produktif menggunakan waktu Anda dari jam 4 pagi hingga 9 pagi, atau mungkin seperti burung hantu atau kelelawar yang beraktivitas di malam hari.

Mungkin Anda ingin berada di latihan menari di sekolah putri Anda jam 3 sore, atau kelas bela diri putra Anda jam 4 sore.

Tidak seperti saat masih bekerja di perushaan yang diberi tahu kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat atau liburan.

Pada akhirnya dengan memiliki bisnis sendiri akhirnya Anda bisa menentukan jadwal Anda sendiri.

BACA JUGA  10 Prinsip Penting Untuk Meraih Keberhasilan Bisnis Anda

Apakah Anda keberatan mengotori tangan Anda?

Anda harus melakukan banyak pekerjaan kasar sebagai pemilik bisnis baru.

Ini tidak selalu menyenangkan, menyita tenaga dan emosi, tetapi dapat dipastikan Anda merasa akan senang melihat hasil kerja Anda sendiri.

Apakah Anda memiliki jiwa pemimpin?

Memiliki ide bisnis bagus adalah satu hal satu hal penting. Mampu mengkomunikasikan gagasan itu dan meyakinkan orang lain untuk bekerjasama adalah hal lain.

Jika Anda memiliki keterampilan kepemimpinan untuk mengumpulkan team dan memotivasi mereka, maka pertimbangkanlah untuk memulai usaha Anda dan membangun impian Anda sendiri daripada membangun impian orang lain dengan bekerja menjadi karyawan.

 

Mitra bisnis, perjalanan menjadi seorang pengusaha tidaklah semudah yang mungkina dibayangkan. Hal ini membutuhkan tekad, waktu, kerja keras dan kepemimpinan.

Tetapi jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan di atas, inilah saatnya Anda lepas landas dan mengubah impian Anda menjadi kenyataan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here