10 Prinsip Penting Untuk Meraih Keberhasilan Bisnis Anda

0
84

Mitra bisnis, tahukah Anda apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk memulai dan sukses dalam berbisnis? Meskipun tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua bisnis, ada sejumlah langkah yang diikuti oleh pemilik bisnis yang sukses.

Tidak peduli apapun yang Anda jual, baik produk jadi, produk digital maupun produk jasa, Anda akan menjadi unggul dalam kompetisi bisnis jika Anda menjalankan dengan sepuluh aturan penting ini.

1. Jujurlah pada diri sendiri.

Tidak peduli berapa banyak uang yang dihasilkan orang lain, jika Anda tidak menikmati bisnis, tidak akan bangga untuk menunjukkan kerabat Anda apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya, maka jangan lakukan.

Jika Anda menjalankan bisnis yang tidak Anda sukai atau tidak Anda percayai, bahkan jika Anda memiliki kesuksesan sementara, itu akan kembali menghantui Anda dengan cara apa pun.

2. Temukan kebutuhan dan isi.

Ya, Anda sudah mendengarnya jutaan kali. Tetapi itu masih berfungsi. Bisnis yang paling mudah untuk dijalankan adalah bisnis yang menghasilkan produk atau layanan yang sudah diketahui oleh orang-orang.

Alasannya: Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk meyakinkan prospek yang mereka butuhkan dari apa yang Anda jual.

Anda dapat fokus pada mengapa Anda adalah sumber terbaik untuk memuaskan kebutuhan mereka. Pastikan saja “kebutuhan” adalah satu orang akan menghabiskan uang untuk memuaskan.

3. Pilih produk atau layanan yang menguntungkan

Pilihlah produk atau layanan yang dapat Anda jual lebin tinggi harganya daripada biaya untuk membuat atau membelinya.

BACA JUGA  Mengapa Usaha Kecil Gagal: 7 Alasan Utama Kegagalan Para Startup Bisnis

Jika perbedaan antara biaya membuat/membeli dengan harga jual terlalu rendah, Anda akan mengalami kesulitan mengembangkan bisnis.

Ketika margin keuntungan terlalu rendah, Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk menyewa karyawan, membayar sewa (ketika Anda perlu memindahkan bisnis keluar dari tempat tinggal), beriklan lebih banyak, dan melakukan hal-hal lain yang perlu dilakukan.

4. Buat perkiraan biaya yang realistis

Sebagian besar bisnis yang baru berdiri melupakan tentang pemasaran, pemenuhan, biaya overhead, pajak penghasilan.

Meremehkan biaya-biaya semacam ini dapat menjadikan bisnis tidak akan bertahan cukup lama.

Dalam beberapa kasus, dalam memperhitungkan biaya-biaya berikan ruang untuk kemungkinan resiko terburuk pada kenaikan biaya yang tak terduga.

5. Jujur terhadap pelanggan dan prospek Anda.

Jangan janji apa yang tidak bisa Anda berikan. Jangan berbohong atau membesar-besarkan manfaat dari apa yang Anda jual dan selalu memberikan produk atau layanan berkualitas.

Pemasaran dari mulut ke mulut selalu menjadi salah satu cara utama usaha kecil menemukan pelanggan.

Situs internet dan jejaring sosial meskipun dapat sangat membantu perkembangan bisnis Anda, namun jika bisnis Anda tidak jujur sosial media dapat menyebarkan keburukan kepada lebih banyak calon pelanggan.

6. Pahami pentingnya pemasaran dan pelajari cara melakukannya secara efektif

Demi keberhasilan bisnis, maka Anda wajin mahami pentingnya pemasaran dan juga mempelajari cara melakukannya secara efektif serta efisien.

Dunia tidak akan menunjukkan jalan ke pintu Anda hanya karena Anda membuat perangkap tikus yang lebih baik atau menulis ebook hebat tentang cara menanam tomat atau mengajar anak membaca.

BACA JUGA  Lima Pertanyaan Penting Bagi Wanita Karir Yang Ingin Membuka Bisnis Sendiri

Untuk mendapatkan pelanggan, Anda harus memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif dan berkelanjutan.

7. Perlakukan vendor Anda, produsen dan penyedia layanan dengan hormat

Yang paling utama dalam bisnis adalah customer, setelah itu vendor Anda, produsen dan penyedia layanan.

Perlakukan mereka dengan hormat dan biarkan mereka tahu Anda menghargai mereka. Mereka adalah bagian penting dari tim Anda dan kesuksesan Anda.

8. Miliki sebuah website

Tidak peduli apa yang Anda jual atau kepada siapa, pelanggan Anda akan beralih ke web untuk melakukan riset dan / atau membeli.

Mereka mungkin beralih ke halaman pencarian untuk menemukan penjual bunga di kota Anda.

Menggunakan pengenalan suara di ponsel pintar mereka untuk menemukan restoran terdekat, atau gunakan komputer mereka untuk pergi ke Google, MSN atau Yahoo untuk mencari frasa seperti “Penasihat hukum di Tapanuli”, atau “tukang ledeng terbaik di surabaya.”

Jika pelanggan tidak dapat menemukan Anda dalam pertanyaan mereka, mereka cenderung memberikan bisnis mereka kepada salah satu pesaing Anda.

9. Jangan berharap keajaiban.

Ya, orang menghasilkan uang saat mereka tidur atau ketika mereka sedang berlibur – Internet memungkinkan hal itu terjadi.

Tetapi hanya setelah mereka menginvestasikan banyak waktu, usaha, dan uang dalam membangun bisnis dan membangun tim yang membuatnya terus berkembang.

10. Tekankan pada diri Anda bahwa satu adalah nomor kesepian dalam bisnis.

Satu produk, satu layanan, satu klien utama, dan semua catatan Anda yang tersimpan di satu hard drive komputer tanpa cadangan di luar situs adalah resep untuk kegagalan.

BACA JUGA  9 Komponen Penting Bisnis Pertamini Agar Terus Bekembang

Jika Anda hanya memiliki satu produk atau layanan, Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual lebih banyak hal kepada orang-orang yang sudah mengenal dan mempercayai Anda.

Jika Anda hanya memiliki satu klien utama, Anda bakal mengalami masalah jika mereka memutuskan untuk mengubah vendor atau mengalami masalah arus kas.

Dan jika semua catatan Anda ada di komputer Anda dan Anda tidak melakukan backup berkala file penting Anda, kerusakan hard drive dapat menghancurkan bisnis Anda.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here